comment 0

Hokkaido Winter Trip 2019 – Part 1

Trip ini berawal dari diterimanya paper yang aku submit ke salah satu conference di Jepang tahun lalu. Sebenarnya materi dari paper ini sebagian besar berasal dari master degree thesis ku, jadi tidak banyak perubahan yang aku masukan dalam paper ini. okay, aku ngga akan membahas tentang paper disini. Trip di Jepang, atau tepatnya di Hokkaido ini bertepatpan dengan musim dingin di Jepang. Kurang lebih kami stay di Hokkaido selama 8 hari. Kami menggunakan TigerAir dengan tiket pulang-pergi dari Taoyuan international airport ke Hakodate dan sebaliknya. Berangkat dari Taiwan dengan penerbangan pagi, sekitar jam 6 pagi, karena kami tidak mau terlambat dan ribet untuk berangkat pagi buta dari rumah, jadi kami menuju Taoyuan airport sejak malam sebelum keberangkatan dan tidur di airport. Untuk trip ini kami tidak membawa banyak pakaian, karena menurut hemat kami pada saat winter tidak akan berkeringat. Kami hanya membawa 3 pasang pakaian, 1 pakaian untuk kegiatan di luar, 1 pakaian tidur dan 1 pakaian untuk cadangan. Kemudian untuk sarana informasi dan komunikasi selama di Jepang kami menyewa sebuah wifi portable dari Klook yang dapat di ambil sebelum keberangkatan di Taoyuan airport. Sedangkan untuk sarana transportasi kami membeli JR Pass dari Klook.

Sebelum lanjut aku ingin memberikan review untuk dua items yang aku pesan dari klook tersebut. Yang pertama adalah portable wifi, aku beri rating 7 dari 10 untuk portable wifi ini, tidak begitu memuaskan tapi juga mempunyai peran penting, beberapa kali kami mengalami hilang sinyal dan device restart sendiri beberapa kali, untuk sinyal hilang untuk di beberapa tempat seperti di hutan atau gunung mungkin bisa dimaklumi, namun ketika mengetahui provider lain mendapat sinyal di daerah tersebut, aku merasa sedikit kecewa. Untuk daya tahan wifi portable ini bisa bertahan lebih dari 8 jam. Yang kedua adalah JR Pass, kami sangat terbantu dengan JR Pass ini, JR Pass merupakan singkatan dari Japan Rail Pass, sebenarnya JR Pass ini bisa digunakan untuk moda transportasi bus, namun kami lebih banyak menggunakannya untuk kereta. Kenapa item ini sangat membantu kami, karena kita dapat menggunakan kereta tanpa adanya batasan, beberapa tujuan wisata kami terletak di beberapa kota yang berbeda, bisa dikatakan kami lumayan menghemat waktu dan biaya saat menggunakan JR Pass. Dengan JR Pass ini kita juga dapat memesan tiket kereta dengan tempat duduk, kebetulan kami menggunakan Super Hakuto, yaitu limited train express yang menyediakan gerbong reserved dan un-reserved. Beberapa kali kami terlambat ke stasiun, namun karena kami menggunakan JR Pass kami dapat memesan kereta lagi tanpa ada biaya tambahan.

Tujuan trip pada hari pertama adalah Nanae Snowpark, umumnya snowpark ini dikhususkan untuk bermain ski. Karena kami tidak berencana untuk bermain ski dan memang belum pernah, jadi kami hanya ingin melihat pemandangan di snowpark, sembari makan di Peak Cafe nya. Untuk menuju Nanae Snowpark ini kami dari Hakodate station menggunakan super hakuto train ke Onuma Koen station, dilanjut menggunakan free shuttle bus yang disediakan Nanae Snowpark. Jangan kawatir di setiap train station mereka mempunya information center yang staf nya dapat berbahasa inggris dengan lancar. Dengan biaya 2100 yen per orang untuk tiket gondola pulang pergi, konon katanya ini gondola dengan jarak terjauh sepanjang 3319 meter. Setelah sampai dipuncak kami mengambil beberapa foto dan kemudian makan siang di Peak Cafe. Untungnya Hakodate ini sebagai kota pelabuhan terkenal dengan sajian seafood nya sehingga aku tidak kesulitan untuk mendapatkan makan non babi.

Kembali dari Nanae Snowpark, kami mengujungi sebuah taman yang berada tidak jauh dari stasiun kereta Onuma Koen. Di taman ini ada danau kecil yang permukaannya sudah menjadi es. Beberapa jembatan penghubungnya terlihat indah dan fotoable dengan putihnya salju.

Bersambung ke part 2.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.